Senin, 11 April 2011

memutuskan memelihara hewan


Ketika anda memutuskan untuk memelihara hewan apa motivasi anda? Mungkin diantara anda memiliki banyak alas an diantaraya sebagai teman bermain, teman bicara, senang dengan keindahan fisiknya, tujuan bisnis atau hanya mengikuti trend saja. Apapun alasan anda pastikan bahwa anda akan memberikan kualitas kehidupan yang baik bagi hewan yang akan anda pelihara. Setidaknya dengan menyediakan hunian, makan dan minum sudah cukup. Akan lebih baik lagi jika anda juga menyediakan pakan yang bergizi, Vaksinasi atau berbagai fasilitas untuk hewan peliharaan anda.

Menyia-nyiakan peliharaan anda sama dengan anda tidak perduli pada kehidupan suatu mahluk. Jadi, pastikan dulu apakah tujuan anda memelihara hewan juga diikuti dengan tanggung jawab perawatan. Jika tidak kan kasihan mereka, dan ini Cuma akan menambah dosa anda saja. Juga pikirkan apakah anda memiliki cukup waktu untuk setidaknya menyediakan makanan hewan kesayangan anda. Jangan-jangan karena terlalu sibuk anda sampai lupa memberikan makan. Jika anda termasuk yang sibuk namun ingin memiliki binatang peliharaan. Solusinya anda bisa memilih binatang peliharaan yang tidak memerlukan waktu banyak dalam perawatannya. Contohnya ikan hias atau kura-kura. Mererka bisa anda taruh di Aquarium dan bisa anda berikan makan ketika anda akan berangkat kerja atau sepulang kerja. Aquarium pun bisa dibersihkan seminggu sekali.

Berikut beberapa hewan yang bisa anda jadikan satwa peliharaan :

Jenis Reptil
Anda Bisa memilih kura-kura (reptile yang sudah umum), iguana, katak (kodok) sampai dengan ular. Pelajari dulu sebelum anda memutuskan memelihara reptile. Karena jenis reptile masih lumayan ‘baru’ dalam kancah satwa peliharaan.

Jenis Mamalia
Nah kalau jenis ini memang sudah umum dipelihara, dan ada banyak pilihan seperti Anjing, Kucing, Kelinci, Marmut, Hamster, Kera/monyet sampai dengan yang eksotik terbaru saat ini landak Hedgehog, Ferret, Musang sampai tupai. Biasanya satwa mamalia tidak membutuhkan halaman luas, cukup halaman belakang dan ruangan dalam rumah serta kandang mererka sudah bisa bermain.

Jenis Unggas
Satwa ini juga termasuk yang disenangi masyarakat kita. Ada banyak pilihan unggas seperti burung, ayam hias, kalkun, bebek, angsa dan lain-lain. Perawatannya memerlukan kandang atau halaman yang agak luas jika anda ingin membiarkannya bebas bergerak.

Jenis Satwa Air
Pada saat ini mungkin karena kesibukan masyarakat era sekarang banyak yang memelihara ikan hias. Alasannya karena tidak memerlukan waktu yang banyak dan cukup bisa dinikmati keindahannya. Ikan hias termasuk yang paling digemari sepert Ikan Koi, Ikan Arwana, Ikan cupang sampai Ikan Mas koki. Ada juga yang memelihara ikan air laut dengan perawatan khusus. Yang terbaru sekarang ini adalah memelihara kelomang.

Nah demikian beberapa jenis hewan peliharaan yang bisa anda pilih. Selamat memelihara ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar