Senin, 11 April 2011

muslim indian wedding


Bhāratīya muslima śādī

:: Pre Wedding (pri vendinga)

- Āvēdana

Calon pengantin pria mendatangi kediaman keluarga wanita untuk meminangnya.biasanya siapa cepat dia dapat.dengan membawa beberapa benda pemikat.dengan persetujuan dari sang wanita dan menentukan hari digelarnya Magni.biasanya tidak lama setelah avedana berlangsung


-
Mangni

pertukaran cincin oleh Calon pengantin. selama upacara mangni atau keterlibatan. Pengantin wanita  memakai baju mangni kepadanya oleh masa depannya mertua. Tanggal yang nyaman untuk pernikahan atau Nikaah adalah tetap setelah mangni.


- Mēhandī kī rasma


Upacara pengurapan pasta kunyit/pemasangan gelang putih dan merah pada pengantin wanita oleh kerabat dan saudaranya yang di selingi nyanyian2 dari para wanita.bisa juga di gabung dengan upacara mehndi malam.

-
Mehndi

Mehndi (henna) Upacara ini dilaksanakan di rumah pengantin wanita pada malam upacara pernikahan atau beberapa hari sebelumnya.dengan di tutupi kerudung merah yang di lebarkan dan di pegang oleh saudara mempelai wanita saat mempelai pria datang dan mempelai wanita keluar dari kamar.biasanya anak anak membawa lilin yang berjumlah 7 buah dan di letakan di hadapan kedua mempelai.

Kerabat wanita dan pria mempelai mengurapi mereka dengan pasta kunyit. Seorang relatif atau mehndiwali (seniman henna) menggambarkan mehndi di tangan dan kaki mempelai wanita, dalam pola artistik tipis. mehndi secara tradisional terus di diamkan semalam untuk mendapatkan rona warna yang gelap,menurut kepercayaan masyarakat semakin gelap warnanya maka semakin besar cinta sang pria

 Acara meriah dengan perempuan-perempuan menyanyikan lagu-lagu tradisional.


                                                          
:: Pernikahan(sadi) ..


Baraat

Pengantin pria tiba di tempat pesta pernikahan dengan baraat (prosesi pernikahan). Sebuah band musisi gendang/terbangan untuk mengumumkan kedatangan mereka.

pengantin pria minum susu dari saudara pengantin dan pemakaian sindoor oleh calon ibu mertuanya. Saudara perempuan pengantin perempuan melempari bunga ke arah rombongan dan mengalungkan pihak laki-laki dengan kalung terbuat dari bunga.


Nikaah

Nikaah atau upacara pernikahan dapat dilakukan di rumah pengantin perempuan atau laki-laki, atau di tempat nyaman lainnya. Seorang Maulvi (penghulu) melakukan upacara di hadapan anggota keluarga dekat dan kerabat . 'Wali' (ayah dari pengantin wanita dan pengantin pria) memainkan peran penting dalam upacara. Maulvi dipilih membaca ayat-ayat dari Quran. Yang Nikaah selesai setelah ijab-e-Qubul. (proposal dan penerimaan). Biasanya, anak itu mengusulkan sisi dan sisi gadis itu menyampaikan dia setuju. Persetujuan bersama pengantin merupakan hal yang sangat penting bagi pernikahan tersebut sah. Tak satu pun dari mereka harus dipaksa untuk masuk ke dalam perkawinan kontrak. Ini adalah pada hari yang sulung Nikaah anggota dua keluarga memutuskan jumlah Mehar (hadiah perkawinan yang merupakan jumlah uang/barang yang wajib diberikan oleh keluarga pengantin pria ke pengantin wanita.).




Āśīa prārthanā anurōdha aura mudrā kē challē/ Purua śādī āśīrvāda (sungkem.red)

Pengantin meminta restu dari orang tua masing masing secara bergantian. Para tamu berdoa bagi pengantin baru
juga di lakukan pencarian cincin nikah di dalam air bunga oleh kedua mempelai untuk dipakaikan bersilangan juga dilakukan pemakaian sindoor di belahan rambut sang wanita

                                                          
:: Post Pernikahan


Rukshat

Keluarga pengantin wanita menangisi perpisahan sebelum ia berangkat ke rumah suaminya.sang pengantin melemparkan bunga sambil membelakangi keluarganya sebagai tanda perpisahan. Ayah pengantin wanita memberikan tangannya kepada suaminya dan memberitahu dia untuk melindungi dan merawat anaknya.




Dul'hana kā svāgata

Ibu pengantin pria yang memegang Quran di atas kepala anak barunya dan menantunya menendang kendi berisi beras atau bisa juga mencelupkan kakinya di dalan wadah air bunga dan selaku mertua ia membersihkan kaki menantunya saat ia memasuki rumahnya yang baru untuk pertama kalinya setelah pernikahan.




Valimah

Valimah adalah resepsi yang mewah keluarga pengantin pria setelah Nikaah. Ini adalah peristiwa yang menggembirakan yang menggabungkan dua keluarga, kerabat dan lainnya yang juga simpatisan yang bias di lakukan di mana saja.





                                 
उम्मीद है एक खूबसूरत शादी हो
                                                Um'mīda hai ēka khūbasūrata śādī hō



                           THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar